Medan (ANTARA News) - Komisi III DPR mencari masukan dari Kepolisian Daerah dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tentang kriteria calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pertemuan untuk mendapatkan masukan tersebut dilakukan secara tertutup di ruang pertemuan lantai 4 Mapolda Sumut di Medan, Jumat.

Pertemuan tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin (Partai Golkar) didampingi sejumlah anggotanya seperti Hasrul Azwar (PPP) dan Ruhut Sitompul (Partai Demokrat).

Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo dan Kajati Sumut M Yusni didampingi sejumlah pejabat utama di instansi masing-masing.

Menurut Aziz Syamsuddin, pihaknya akan melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Karena itu, pihaknya meminta masukan dari institusi pengegak hukum di daerah mengenai kriteria calon pimpinan KPK.

Dengan masukan tersebut, diharapkan DPR dapat memilih calon pimpinan KPK yang diyakini dapat memperkuat penegakan hukum di Tanah Air.

Namun politisi Partai Golkar tersebut enggan merinci masukan yang diterima dari jajaran Polda dan Kejati Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo mengatakan, pihaknya menyampaikan saran agar pimpinan KPK yang akan dipilih nantinya dapat bersikap profesional.

"Jangan berafiliasi ke politik supaya profesional," katanya.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014