Napoli (ANTARA News) - Napoli harus berjibaku demi memperoleh hasil imbang 2-2 melawan Empoli dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A di hadapan publik sendiri di Stadion San Paolo, Napoli, Minggu.

Satu poin yang mereka peroleh dalam laga tersebut harus diraih dengan susah payah, sebab mereka sempat tertinggal lebih dulu dari tim tamu 0-2 hingga menit 66, sebelum berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol dari penyerang Duvan Zapata pada menit 67 dan pemain pengganti Jonathan de Guzman poada menit 72.

Empoli memperoleh keunggulan lewat gol gelandang serang kreatif mereka, Simone Verdi pada menit 19 dan Daniele Rugani pada menit 53. Kedua gol tersebut berbuah dari umpan yang dikirimkan Massimo Maccarone.

Gol pertama Empoli dicetak setelah upaya gelandang Napoli David Lopez masih bisa dihalau, dan tim besutan Maurizio Sarri berusaha membangun skema serangan balik yang berujung pada sebuah umpan terobosan matang dari Maccarone yang segera disambar tendangan kaki kiri Verdi menaklukkan penjaga gawang Rafael.

Setelah itu Napoli yang sebetulnya dominan dalam urusan penguasaan bola mengalami kendala inefektivitas kala membangun serangan, termasuk percobaan tembakan yang tidak akurat, secara keseluruhan sepanjang laga hanya menemui sasaran sebanyak 9 kali dari 19 percobaan yang dilepaskan.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan tim tamu, dan mereka justru menambah tekanan kepada anak-anak asuhan Rafael Benitez setelah Maccarone kembali berperan besar dalam terciptanya gol kedua, menyambut bola sepak pojok untuk memberi umpan kepada Rugani dengan sundulannya sebelum diselesaikan dengan baik oleh pemain belakang tersebut.

Tertinggal dua gol, memaksakan Benitez mengutus penyerang Gonzalo Higuain yang tidak dimainkan sejak awal untuk merumput menggantikan Marek Hamsik.

Masuknya Higuain sedikit memberikan variasi serangan di kubu Napoli, hasilnya sebuah gol tercipta pada menit 67 melalui tandukan Zapata menyambut umpan dari sepak pojok yang dilepaskan Dries Mertens.

Gol tersebut seolah memberikan suntikan semangat kepada tuan rumah, yang lima menit berselang mencetak gol penyama kedudukan melalui De Guzman, yang masuk menggantikan Mertens pada menit 70.

Usai menyamakan kedudukan Napoli kian bernafsu membalikkan keadaan, sayang berbagai ancaman ke gawang lawan tak jua membuahkan hasil hingga peluit akhir pertandingan berbunyi.

Hasil imbang, membuat Napoli wajib waswas tempatnya tergeser oleh para pesaing mereka. Pasalnya kini mereka menempati peringkat ketiga dengan mengoleksi 24 poin, terpaut satu poin dari Genoa (23) yang menghuni peringkat keempat dan akan menghadapi AC Milan (21) penghuni peringkat keenam. 

Selain kedua tim itu Sampdoria (22) yang baru akan melakoni laga pekan ke-14 dengan melawat ke kandang Verona, pada Selasa (9/12) dini hari WIB mendatang berpeluang menggusur Napoli dari peringkat ketiga.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir situs UEFA.com.

Napoli (4-2-3-1): Rafael (PG); Christian Maggio, Henrique, Raul Albiol, Faouzi Ghoulam; Jorginho, David Lopez; Jose Callejon, Marek Hamsik (Gonzalo Higuain), Dries Mertens (Jonathan de Guzman); Duvan Zapata (Walter Gargano).
Pelatih: Rafael Benitez.

Empoli (4-1-2-1-2): Luigi Sepe (PG); Elseid Hysaj, Lorenzo Tonelli, Daniele Rugani, Mario Rui (Federico Barba); Mirko Valdifiori; Matias Vecino, Daniele Croce (Diego Laxalt); Simone Verdi (Piotr Zielinski); Massimo Maccarone, Francesco Tavano.
Pelatih: Maurizio Sarri.

Penerjemah:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014