Sidney (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan polisi negara itu menyatakan bahwa pihak berwenang belum mengetahui motif penyanderan Kafe Lindt di Sydney.

"Kami belum mengetahui apa motivasi para pelaku. Kami belum mengetahui apakah aksi ini dimotivasi oleh politik," kata Abbott dalam streaming video seperti dilaporkan Sydney Morning Herald.

Namun dia menyatakan semua kekerasan bermotivasi politik adalah untuk menakut-nakuti masyarakat.

Dia mengajak rakyatnya untuk memahami bahwa di negeri sedamai Australia sekali pun, ada orang-orang yang berniat jahat melukai orang lainnya.

Sementara itu, The Australian melaporkan bahwa polisi belum bisa memastikan motivasi apa di balik pria bersenjata yang menyandera puluhan orang di kafe itu.

Tetapi Komisaris Polisi Andrew Scipione memastikan seorang pria bersenjata tengah menyandera sejumlah orang, namun polisi belum berhasil menjalin kontak dengan penyandera.

"Kami masih tidak pada posisi untuk menentukan dari mana orang ini berasal," kata dia.

Scipione mengatakn pada saat ini polisi memperlakukan kondisi ini sebagai situasi penyanderaan, namun mengambil langkah sebagai operasi anti teroris.

Sementara itu Menteri Utama New South Wales, Mike Baird, mengatakan warga kota Sydney tengah diuji, namun dia yakin pada polisi yang segera bertindak.

"Kita semua tengah diuji hari ini di Sydney.  Polisi sedang diuji, masyarakat sedang diuji,  namun apa pun ujiannya, kita akan menghadapinya," kata dia seperti dikutip The Australian.

 




Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014