Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan hujan terjadi di berbagai wilayah Provinsi Riau pada malam perayaan Natal.

"Prakiraan ini berlaku hingga saat perayaan Natal 25 Desember," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Rabu siang.

Ia menjelaskan, hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau bagian utara meliputi Rokan Hilir, serta sebagian Bengkalis dan sebagian Kabupaten Siak.

Sementara itu untuk hujan dengan intensitas ringan, lanjut dia, berpeluang terjadi di wilayah Riau bagian Selatan meliputi Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

"Peluang hujan hampir merata itu terjadi sore dan malam hingga dini hari," katanya.

Slamet mengatakan, untuk potensi buruk seperti angin kencang sangat kecil, namun masyarakat sebaiknya mewaspadai adanya petir di sejumlah wilayah yang berpeluang terjadi hujan sedang.

"Kami juga mengimbau masyarakat yang hendak melaksanakan Misa atau Kebaktian Malam Natal untuk membawa payung atau jas hujan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini cuaca di sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Riau masih memasuki musim hujan.

Namun kata dia, tidak lagi berada pada puncaknya yang terjadi disepanjang November lalu.

"Puncak musim hujan telah berlalu pada November. Sekarang masih musim hujan, tapi tidak separah hujan disepanjang November," katanya.

Peluang hujan yang cukup besar untuk berbagai wilayah di Riau menurut dia dipicu adanya sirkulasi angin tertutup di wilayah Laut China Selatan berdekatan dengan perairan Batam, Kepulauan Riau.

Kondisi tersebut, menurut dia, menyebabkan pembentukan awan kian pesat hingga mendatangkan hujan di berbagai wilayah di Riau.

(KR-FZR)

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014