Sidoarjo (ANTARA News) - Badan SAR Nasional menyatakan hari ini akan melakukan pencarian di 13 titik lokasi di Laut Jawa yang diduga sebagai lokasi hilangnya kontak AirAsia QZ 8501 pada Minggu (28/12).

"Kami akan terus melakukan evaluasi dari hasil pencarian yang sudah dilakukan sebelumnya dan rencananya hari ini akan melakukan pencarian di 13 titik areal pencarian tersebut," kata Kepala Basarnas Surabaya Hernanto, Rabu.

Ia mengakui luas areal pencarian akan terus melebar darisebelumnya sekitar 250 kilometer persegi.

"Yang pasti luasan wilayah pencarian akan terus meluas dengan melibatkan berbagai unsur yang turut membantu dalam proses pencarian ini termasuk dari luar negeri seperti Singapura dan juga instansi lainnya," katanya.

Ia mengatakan menerima segala macam masukan kepada Basarnas seperti masukan para nelayan yang berada di sekitar lokasi hilangnya pesawat.

"Segala macam masukan akan tetap kami tampung termasuk adanya informasi tumpahan minyak yang ada di perairan juga tetap kami tindak lanjuti untuk memastikan apakah itu pesawat jatuh atau tidak," kata dia.

Sementara itu, posko Crisis Centre terminal 2 Bandara Internasional Juanda menambah delapan layar televisi untuk memudahkan keluarga penumpang memantau perkembangan proses pencarian pesawat hilang itu.

Petugas juga menambahkan fasilitas berupa konferensi jarak jauh untuk memudahkan pemantauan informasi pencarian dari kantor Basarnas di Jakarta.



Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014