Jakarta (ANTARA News) - Jakarta Night Festival (JNF) yang digelar Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta pada malam tahun baru 2014 menuju 2015 membuat PT Transportasi Jakarta (Persero) menyesuaikan operasional bus TransJakarta di koridor 1, 2, 3, 5 dan 9.

"Pada malam Tahun Baru kami beroperasi normal seperti biasa, kecuali untuk Koridor 1 pada rute Blok M–Monas akan berakhir pada pukul 16:00 WIB hari ini akibat penutupan jalan Sudirman dan Thamrin," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, ANS Kosasih, melalui laman TransJakarta, Rabu.

Namun, TransJakarta rute Harmoni–Kota tetap beroperasi normal. "Kami juga melakukan penambahan pelayanan untuk layanan armada malam hari menjadi lima koridor, yaitu Koridor 1, 2, 3, 5 dan 9," ujarnya.

TransJakarta juga mengerahkan Armada Malam Hari (Amari) yang beroperasi pukul 23:00 WIB hingga pukul 05:00 WIB guna menampung keperluan warga yang ingin pulang usai merayakan malam tahun baru.

"Kecuali untuk Koridor 1 dan 5 akan mulai beroperasi pada pukul 02:00 WIB pagi karena berdasarkan pengalaman kedua koridor tersebut tertutup oleh masyarakat yang merayakan tahun baru di Monas dan Ancol," kata Kosasih.

Halte-halte yang melayani Amari  adalah Koridor 1 mulai jam 02:00 WIB rute Blok M, Bundaran Senayan, Bendungan Hilir, Karet, Dukuh Atas-1, Tosari, Sarinah, Monas, Harmoni dan Kota.

Koridor 2 (mulai jam 23:00 WIB) rute Pulo Gadung, Pulo Mas, Cempaka Timur, RS Islam, Rawa Selatan, Gambir 1, Juanda dan Kwitang.

Koridor 3 (mulai jam 23:00 WIB): Kalideres, Pesakih, Rawabuaya, Jembatan Besi dan Indosiar.

Koridor 5 (mulai jam 02:00 WIB): Kampung Melayu, Pasar Jatinegara, Slamet Riyadi, Matraman-1, Salemba UI, Kramat Sentiong, Sentral Senen, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, Gunung Sahari Mangga Dua, Pademangan dan Ancol. Rute ini dapat terjadi perpendekan secara situasional, jika terjadi lonjakan penumpang.

Koridor 9 (mulai jam 23:00 WIB): PGC-2, Cawang UKI, BNN, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Centrak Park, Grogol-2, Penjaringan dan Pluit.

TransJakarta juga melakukan perkuatan pengamanan terutama di halte-halte besar dan halte ujung dan pada malam tahun baru ini menyiagakan 1.000 orang petugas untuk melayani penumpang.

Bahkan, TransJakarta mengumumkan, seluruh direksi dan manajemennya aktif piket pada malam pergantian tahun ini.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2014