Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI FHB Bambang Soelistyo, mengatakan, belum ada tambahan korban pesawat AirAsia QZ8501yang ditemukan Tim SAR gabungan hingga Senin siang (12/1).

"Tidak ada tambahan korban yang dilaporkan hingga hari ini, namun seluruh kapal akan dikerahkan untuk mencari korban di wilayah operasi," ujar Soelistyo, di Kantor Pusat Badan SAR Nasional, Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, pencarian korban di seluruh daerah operasi, yaitu daerah sektor lintasan satu hingga empat, serta daerah prioritas tambahan dua akan menjadi fokus utama pada hari ini dengan tidak memprioritaskan daerah pencarian tertentu saja.

"Kapal-kapal bantuan dari mancanegara juga akan dikerahkan untuk mencari korban pada hari ini," ujar ia lebih lanjut. Korban yang kemudian ditemukan akan secepatnya dievakuasi dan dikonfirmasi.

Sebelumnya, tujuh jenazah yang berada di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, telah dibawa ke Surabaya pada Jumat, pukul 18.38 WIB dengan menggunakan pesawat CN 295.

Pada operasi pencarian hari ke-13 (9/1), tim gabungan SAR telah menemukan sebanyak 48 korban pesawat AirAsia QZ8501.

Selanjutnya, pada operasi pencarian hari ke-15, Minggu (11/1), tiga jenazah berhasil diidentifikasi, yaitu Pasangan suami istri Park Seong Beom (37) dan Lee Kyung Hwa (34) yang merupakan warga negara Korea Selatan, serta Vera Chandra Kho (19), warga Tarakan, Kalimantan Tengah.

Sebanyak 32 jenazah dari 48 jenazah telah berhasil diidentifikasi Pusat Identifikasi Korban (DVI), dimana 29 korban pesawat tersebut telah diserahkan kepada keluarga.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015