Seoul (ANTARA News) - Samsung Rabu ini meluncurkan ponsel pintarnya yang pertama yang menggunakan sistem operasi Tizen dalam upaya mengurangi ketergantungan pada Android buatan Google, lapor AFP.

Samsung Z1, yang punya kapabilitas 3G dan layar kristal likuid, diluncurkan di India pada harga 90 dolar AS, kata produsen smartphone terbesar di dunia itu dalam pernyataan tertulisnya.

Sistem operasi Tizen adalah bagian kunci dari kampanye Samsung guna menguasai pasar software dan layanan mobile, sebagai penyangga untuk dominasinya pada produk-produk perangkat keras.

Samsung Z yang secara khusus diproduksi Samsung dalam platform Tizen, sebelumnya sudah diperkenalkan di Rusia pada semester kedua tahun lalu.

Namun peluncuran itu ditarik demi perkuatan lebih jauh ekosistem Tizen.  Ini merupakan penundaan terakhir dari peluncuran Tizen yang aslinya dijadwalkan hadir pada 2012.

Sebagian besar perangkat-perangkat populer Samsung, termasuk smartphone Galaxy S, menggunakan sistem operasi Android.

Samsung menyatakan Tizen tidak hanya platform untuk ponsel, namun juga segala perangkat.  Belum lama bulan ini Tizen sudah diperkenalkan di pameran elektronik Las Vegas, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015