Jakarta (ANTARA News ) - Kementerian Agama secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Qatar Carity Indonesia untuk melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin selama 10 tahun, berupa bantuan sosial keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan juga sosial keagamaan lainnya.

Penandatangan MoU Kemenag dengan Qatar Carity Indonesia dilakukan oleh Karo KLN Kemenag Achmad Gunaryo dengan Direktur Qatar Carity Karam Zain Aly di depan Sekjen Kemenag Nur Syam, di Kantor Kementerian Agama di Lapangan Banteng, Jakarta, kemarin.

Tampak hadir dalam acara tersebut Sekretaris Ditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Kakanwil Jabar, Aceh, Banten, DKI Jakarta, dan Yogjakarta serta pejabat Kemenag lainnya.

Dalam sambutannya, Achmad Gunaryo menjelaskan bahwa Qatar Carity merupakan organisasi luar negeri yang pertama melakukan MoU dengan Kemenag (tahun 2015). “Yang antri masih banyak,” katanya.

Gunaryo mengapresiasi  kontribusi Qatar Carity dalam ikut memajukan Indonesia dan berharap kerjasama ini bisa terus ditingkatkan.

Sekjen Kemenag Nur Syam menggarisbawahi apa yang disampaikan Gunaryo. Menurutnya,  Qatar Carity merupakan NGO internasional yang telah banyak membantu negara Indonesia dalam pembangunan SDM dan Sosial keagamaan. Sejarah mencatat bahwa Qatar Carity telah banyak berbagi dengan bangsa Indonesia dalam kapasitasnya mambantu anak-anak yang terkena musibah, membangun rumah ibadah, dan bantuan sosial keagamaan lainnya.

Kepada Direktorat Kemenag terkait, Nur Syam meminta untuk segera menindaklanjuti kerjasama yang sudah terjalin ini. “Kita harus dapat lebih banyak memanfaatkan aktivitas-aktivitas Qatar Carity untuk Indonesia sebagai pelengkap program yang dilaksanakan pada Direktorat Kemenag,” katanya.

Selain itu, Nur Syam juga mengingatkan kepada pihak Qatar Carity Indonesia, agar tidak memasuki ranah-ranah politik, atau masalah-masalah lain, seperti yang sudah disepakati dalam MoU tersebut. “Kami selalu memantau aktivitas yayasan dan kiranya dapat menyampaikan laporan setiap tahun dalam bahasa Indonesia ke Kemenag dan instansi terkait”. Kata Nur Syam.

Sebelumnya, Karam Zain Aly selaku Direktur Qatar Carity menjelaskan bahwa lembaga atau yayasan Qatar Carity Indonesia sudah banyak memberikan bantuan kepada bangsa Indonesia dalam bidang sosial keagamaan seperti, membangun masjid, mendirikan klinik kesehatan, mendirikan sanitasi air bersih, perlindungan sosial bahkan menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah.

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2015