Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memprediksi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, Kamis.

"Berdasarkan pengamatan kami dan BMKG prediksi cuaca untuk seluruh wilayah Jabodetabek hari ini akan diguyur hujan secara merata," demikian keterangan petugas piket Pusat Data Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Jakarta.

Dari yang dijelaskannya, Jabodetabek akan mengalami hujan dengan intensitas sedang pada siang hari dan ringan ketika malam, sedangkan pada pagi hari hanya berawan.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di Jabodetabek untuk tanggal 5 Februari 2015 diprediksi Kepulauan Seribu akan mengalami hujan sedang pada pagi hingga siang hari dan hujan dengan intensitas ringan ketika malam.

Selain itu, Jakarta Utara akan mengalami hujan ringan pada pagi dan malam hari, sedangkan hujan berintensitas sedang akan turun saat siang.

Untuk Jakarta Pusat akan berawan saat pagi, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut ketika siang dan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari.

Adapun Jakarta Selatan akan berawan saat pagi, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut ketika siang dan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari.

Sedangkan, Jakarta Timur akan berawan pada pagi dan malam hari serta hujan ringan akan mengguyur wilayah tersebut ketika siangnya.

Prakiraan cuaca di Jakarta Barat akan berawan ketika pagi, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut saat siang dan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari.

Sementara itu, di Depok akan berawan saat pagi, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut ketika siang dan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari.

Bagi wilayah Tangerang akan berawan pada pagi hari, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut saat siang dan hujan dengan intensitas ringan ketika malamnya.

Secara terpisah, di Bekasi cuacanya akan berawan ketika pagi hari, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut pada siang hari dan hujan dengan intensitas ringan saat malamnya.

Untuk Bogor cuaca akan berawan saat pagi, hujan sedang akan mengguyur wilayah tersebut ketika siang dan hujan dengan intensitas ringan pada malam hari. Di semua wilayah tersebut suhu yang terjadi akan berkisar antara 24 hingga 33 derajat selsius dengan kelembapan 60 sampai 95 persen.

Meskipun dengan intensitas sedang, BPBD DKI Jakarta tetap mengimbau warga untuk waspada dan ikut memantau ketinggian air di wilayahnya.

Jika masyarakat menginginkan informasi terbaru mengenai status debit air, maka BPBD DKI Jakarta dapat dihubungi melalui nomor telepon 021-164 yang aktif selama 24 jam. Layanan ini juga bisa digunakan masyarakat yang membutuhkan bantuan evakuasi atau logistik.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015