Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membuat sumur resapan di sepanjang jalur transportasi masal, salah satunya Mass Rapid Transit (MRT).

"Kita memang mau membuat banyak sumur resapan di wilayah Jakarta. Salah satunya, yaitu di sepanjang jalur transportasi masal, MRT misalnya," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, sumur resapan di sepanjang jalur transportasi masal baru dilakukan setelah pembangunan MRT rampung.

"Kalau pembangunan MRT sudah selesai, jalur MRT, terutama di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin akan kita buat taman-taman sebagai sumur resapan," ujar Ahok.

Ia menuturkan pembuatan taman sebagai sumur resapan itu juga merupakan salah satu langkah Pemprov dalam menanggulangi permasalahan banjir yang kerap melanda DKI Jakarta.

Di sisi lain, mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku tidak ingin melakukan revitalisasi dan pelebaran saluran air atau drainase yang ada di wilayah ibu kota untuk mengurangi banjir.

"Drainase kita memang sudah tua. Tapi tidak bisa diganti drainase itu. Makanya, kita mau buat banyak sumur resapan sebagai penampung air hujan," tutur Ahok.

Ahok mengungkapkan selama ini pihaknya telah melakukan normalisasi sekaligus penertiban drainase di seluruh wilayah ibu kota. Bangunan-bangunan yang menutupi drainase pun telah dibongkar.

"Setelah bangunan dibongkar, baru air hujan bisa mengalir dengan lancar ke drainase. Maka dari itu, supaya tampungannya lebih banyak, kita buat sumur resapan," ungkap Ahok.

(R027)



Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015