Lviv (ANTARA News) - Bayern Muenchen bertandang ke Ukraina yang terkoyak oleh pertempuran untuk berlaga menghadapi Shakhtar Donetsk dalam babak 16 besar Liga Champions.

Kedua pasukan sama-sama ingin meraih kemenangan dalam pertempuran bermerk sepak bola dengan memeragakan adu jeli dalam skema serangan taktis berbuah gol.

Sebagai juara Bundesliga, skuat asuhan pelatih Pep Guardiola itu sedang berada di atas angin setelah melibas Hamburg SV dengan skor 8-0 dengan menampilkan sosok pemain yang memiliki daya juang luar biasa yakni Arjen Robben. Pemain asal Belanda itu menciptakan dua gol dalam pertandingan itu.

Kini Robben dan kawan-kawan ditantang Shakhtar Donetsk dalam laga yang digelar di  L'viv Arena, L'viv pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB.

Pertandingan itu akan ditayangkan oleh New Entertainment. Pertandingan itu akan dipimpin oleh wasit Alberto Undiano Mallenco.

Perhatian perlu diarahkan kepada Xabi Alonso. Hanya saja gelandang ini tidak diturunkan ketika FC Hollywood melumat Hamburg. Dalam duel melawan skuat asuhan pelatih Mircea Lucescu ini, besar kemungkinan Guardiola bakal memasang pemain asal Spanyol itu.

Robben yang ditandem bersama dengan Thomas Mueller kerapkali menunjukkan diri sebagai predator gol bagi setiap lawan.

Shakhtar bakal turun tanpa gelandang gelandang Taras Stepanenko yang sedang terkena suspensi, sementara striker Bernard masih dibekap cedera ligamen.

Bayern bakal menyambut kembalinya penampilan Jerome Boateng di lini bek tengah mendukung posisi Mehdi Benatia, sejajar dengan Rafinha dan Juan Bernat di lini sayap.

Di lini gelandang, publik akan menyaksikan trio  Xabi Alonso, David Alaba dan Bastian Schweinsteiger. Ketiga pemain ini diharapkan dapat menguasai lini tengah, karena ketiganya memiliki teknik dan fisik yang mumpuni.

Guardiola bakal memasang Robert Lewandowski menempati lini depan bersama dengan Arjen Robben dan Thomas Muller atau Mario Goetze.

Di kubu Shakhtar, pelatih Lucescu mengandalkan pergerakan dari sayap dari empat pemain dinamis, yakni Darijo Srna, Olexandr Kucher, Yaroslav Rakitskiy dan Marcio Azevedo, sementara Fernando berperan sebagai gelandang menggantung yang berperan mendukung pergerakan eksplosif dari Fred dan Taras Stepanenko.

Komentar dua Pelatih:

* Mircea Lucescu (Shakhtar):

"Kami akan bertanding layaknya pahlawan ketika melawan Bayern agar dapat melaju ke babak berikutnya. Sepuluh pekan lalu, kami baru saja melakoni laga yang kompetitif. Kami siap bekerja keras dalam musim ini. Banyak orang berkata kepada saya bahwa Bayern siap bertarung, utamanya ketika mereka menang 8-0 dalam laga di ajang Bundesliga."

"Bayern telah turun dalam empat laga yang kompetitif di tahun ini, dengan begitu pelatih mereka tahu benar potensi para pemainnya, sementara kami terus membenahi pemain. Bayern tampil sebagai tim yang difavoritkan. Mereka tempil sebagai salah satu tim terkuat di dunia dengan pelatih hebat yang mencintai kerja keras."

"Dalam dua laga terakhir, ia (Guardiola) mengubah Bayern dengan gaya penampilan sepak bola Latin. Ia telah mengreasi sebuah tim yang unik, hanya saja segala sesuatu dapat saja terjadi. Tidak jarang hal yang tidak logis terjadi di sepak bola. Kami punya 13 pemain asal Brasil yang punya mimpi mengalahkah Bayern yang telah menjadi enam kali juara dunia."
 
* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):
"Saya amat menghormati Shakhtar dan Mircea Lucescu. Ia pelatih yang sangat pandai yang mampu menjadikan sebuah tim terbaik di Eropa. Saya telah turun bermain lima kali melawan Shakhtar ketika masih membesut Barcelona. Kala itu kami tidak kesulitan karena punya skuad yang hebat."

"Saya berkata kepada para pemain, jika anda mengalahkan Shakhtar maka anda merasa bangga karena mereka merupakan salah satu tim hebat."

"Mereka punya sederet striker hebat dalam diri Luiz Adriano. Douglas Costa, Marlos, Taison, Alex Teixeira, juga tergolong pemain-pemain hebat. Saya juga menaruh perhatian kepada kapten Darijo Srna. Saya menanuh perhatian kepada dia ketika membela klub dan timnasnya. Ia pemain berbakat di timnya."

"Kami berada dalam kondisi puncak dan sedang bersemangat. Franck Ribéry siap turun bertanding sementara Xabi Alonso telah ikut berlatih kemarin dan hari ini. Hanya saja kondisi fisiknya masih diliputi tanda tanya. Kami akan membuat keputusan besok. Berharap lolos ke final? Kami harus berusaha tiada henti, dan laga besok merupakan salah satu perwujudannya."

Data dan fakta:
* Ini kali pertama pertemuan antara Shakhtar Donetsk dan Bayern Muenchen.
* Shakhtar belum pernah meraih kemenangan dalam ajang Liga Champions ketika melawan tim asal Jerman dengan torehan dua kali imbang dan dua kali kalah. Mereka juga gagal lolos dalam tiga laga melawan tim-tim asal Jerman.
* Pertemuan kali terkahir Bayern Muenchen dengan klub asal Ukraina di ajang Liga Champions terjadi pada 1999/2000.
* Shakhtar lolos sampai babak knockout Liga Champions untuk kali ketiga setelah 2010/11 dan 2012/13.
*  Shakhtar belum pernah menang dalam empat laga babak knockout Liga Champions dengan torehan sekali imbang dan tiga kali kalah.

Prakiraan susunan pemain:

*Shakhtar Donetsk (4-2-3-1):

Pyatov (penjaga gawang), Shevchuk, Rakitsky, Kucher, Srna, Fernando, Fred, Taison, Teixeira, Costa
Pemain cadangan:
Kanibolotskiy, Ordets, Azevedo, Marlos, Ilsinho, Gladkiy, Nem

* Bayern Muenchen (4-2-3-1):
Neuer (penjaga gawang), Rafinha, Benatia, Boateng, Bernat, Alonso, Alaba, Robben, Mueller, Goetze
Pemain cadangan:
Reina, Dante, Rode, Ribery, Schweinsteiger, Pizarro, Weiser

Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah; D: imbang)

* Shakhtar Donetsk: W D W L D


7/2/15  Aalborg 1 - 2 Shakhtar Donetsk
2/2/15  Shakhtar Donetsk 1 - 1 Dinamo Zagreb
23/1/15 Internacional 1 - 2 Shakhtar Donetsk
21/1/15 Mineiro 4 - 2 Shakhtar Donetsk
18/1/15 Shakhtar Donetsk 0 - 0 Flamengo

* Bayern Muenchen: W W D L W

14/2/15 Bayern Muenchen 8 - 0 Hamburger SV
7/2/15  VfB Stuttgart 0 - 2 Bayern Muenchen
3/2/15 Bayern Muenchen 1 - 1 Schalke 04
30/1/15 VfL Wolfsburg 4 - 1 Bayern Muenchen
23/1/15 VfL Bochum 1848 1 - 5 Bayern Muenchen

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Shakhtar Donetsk 0 - 4 Bayern Muenchen (15 persen)
* Shakhtar Donetsk 1 - 3 Bayern Muenchen (14 persen)
* Shakhtar Donetsk 0 - 3 Bayern Muenchen (12 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Shakhtar Donetsk: 0
* Bayern Muenchen: 4 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015