Jakarta (ANTARA News) - Manajemen Angkasa Pura II menyatakan hingga Kamis sore penumpukan penumpang pesawat Lion Air yang tertunda keberangkatannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah berkurang.

"Saat ini masih terjadi kepadatan, tapi mulai berkurang. Beberapa penumpang me-refund tiket, mengganti jadwal atau mengikuti jadwal maskapai lain yang bisa," kata Manager Humas dan Protokol PT Angkasa Pura II Yudis Tiawan saat dihubungi Antara di Jakarta, Kamis sore.

Yudis mengatakan hingga kini pihaknya masih berkoordinasi dengan Manajemen Maskapai Lion Air untuk jadwal pesawat yang akan diberangkatkan, tapi belum mengetahui jadwal pasti penerbangan tercepat.

Untuk itu, ia tidak bisa memperkirakan hingga pukul berapa penumpukan calon penumpang di beberapa terminal penerbangan domestik benar-benar habis.

Sementara untuk alasan penundaan jadwal penerbangan, ia mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebabnya.

"Kami masih cari tahu, kami masih berkoordinasi dengan pihak Lion Air," ujar dia.

Ia mengatakan Angkasa Pura II telah mengingatkan Lion Air untuk mematuhi hak dan kewajiban pada penumpang saat terjadi penundaan penerbangan, langkah selanjutnya diserahkan pada manajemen Lion Air.

Sementara melalui siaran langsung televisi, pegawai operasional bandara Heru mengatakan penyebab terjadinya penundaan penerbangan adalah adanya gangguan teknis dan menajemen tengah berusaha mencari pengganti penerbangan.

Beberapa penerbangan dari Jakarta ke sejumlah rute di Sumatera, Semarang dan Bali tertunda dari Rabu (18/2) malam hingga menimbulkan penumpukan calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015