Cianjur (ANTARA News)- Libur panjang tahun baru Imlek jalur Puncak--Cianjur, Jawa Barat (Jabar), ramai lancar, meskipun antrian kendaraan merayap terlihat disejumlah titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, dan Pasar Cipanas.

Pantauan ANTARA News, antrian panjang terlihat di jalur menuju tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, di mana wisatawan menghabiskan libur panjang sambil menunggu diberlakukannya satu arah menuju Bogor dari arah Puncak.

Hingga sore menjelang jalur Puncak hingga Cianjur, ramai lancar bahkan tergolong sepi dibandingkan libur panjang sebelumnya, di mana antrian panjang kendaraan mulai terlihat menjelang sore menuju arah Bogor.

"Libur panjang kali ini, jalur Puncak-Cianjur, tergolong normal meskipun ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas terutama kendaraan pendatang. Sempat terjadi antrian namun dapat diatasi dengan cepat," kata Erwin anggota Satlantas Polres Cianjur, saat ditemui di Pertigaan Hanjawar, Minggu.

Ia menuturkan, menjelang sore antrian panjang dengan laju kendaraan di bawah rata-rata mulai terlihat karena kepadatan arus mulai terjadi wilayah hukum Bogor, di mana sebagian besar antrian terus memanjang di wilayah tersebut karena banyaknya kendaraan yang keluar dari kawasan wisata di sepanjang jalur tersebut.

"Untuk antisipasi, kami akan berkordinasi dengan Polres Bogor, guna melakukan sistim buka tutup satu arah menuju Bogor. Hal tersebut kerap dilakukan setiap terjadi antrian panjang kendaraan dengan ekor yang terus memanjang," katanya.

Sementara itu, angka kunjungan ke sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut, selama libur panjang tahun baru Imlek, ungkap beberapa orang pengelola, berkurang dibandingkan tahun sebelumnya karena beberapa faktor salah satunya intensitas hujan yang cukup tinggi.

Tercatat di Kebun Raya Cibodas, angka kunjungan mencapai 1000 orang wisatawan, pengunjung didominasi keluarga dan wisatawan asing asal Timur Tengah. Angka kunjungan tersebut menurun dibadingkan libur panjang lainnya sepanjang tahun 2015.

"Angka kunjungan sampai siang baru mencapai 720 orang dan diperkirakan akan meningkat hingga 1.000 orang menjelang sore. Pengunjung didominasi keluarga terutama asing dari Timur Tengah," kata Tatang Staf Humas Kebun Raya Cibodas.

Kurangnya angka kunjungan wisatawan ke kawasan Puncak-Cipanas, terlihat pula dari tingkat hunian hotel dan villa di kawasan tersebut. Dimana ungkap sejumlah pengelola hotel, angka kunjungan hanya mengalami peningkatan 15 persen dibadingkan libur panjang akhir pekan.

"Biasanya libur panjang seperti ini, peningkatan angka kunjungan bisa mencapai 40 persen. libur panjang kali ini, peningkatan diperkirakan hanya 15 persen, menurun dibadingkan libur akhir pekan sebelumnya," kata Peno Humas salah satu hotel berbintang di Jalur Cipanas--Puncak.

(KR.FKR)



Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015