Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana tugas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ir. Ambar Rahayu, MNS, mengungkapkan bahwa gaya pengasuhan orang tua kadang dapat menghambat komunikasi dengan anak.

"Gaya pengasuhan orang tua kadang menghambat komunikasi dengan anak. Misalnya, orang tua yang suka membandingkan anaknya dengan anak orang lain, menghakimi anak," ujar Ambar di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut menurut Ambar, komunikasi yang terhambat menyebabkan anak tidak dapat menceritakan hal-hal yang dia alami. Dengan begitu, cerita-cerita baru pun tidak dapat tersampaikan.

Padahal, melalui cerita-cerita baru itulah terjalin komunikasi yang berkualitas sehingga keluarga dapat semakin dekat dan harmonis. Hal senada disampaikan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si.

"...anggota keluarga yang membuka diri secara mendalam dapat saling menghargai dan memahami lebih baik antara satu sama lain serta saling mendukung sebagai keluarga yang utuh," kata psikolog yang akrab disapa Nina itu dalam kesempatan yang sama.

Dia mengatakan, dalam hal ini dibutuhkan peran aktif semua anggota keluarga untuk saling berbagi cerita dan benar-benar mendengarkan satu sama lain.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015