Banda Aceh (ANTARA News) - Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya menyatakan Pemerintah Provinsi Aceh dan kabupaten harus meningkatkan kemampuan dan kualitas tenaga pengajar sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan.

"Peningkatan kemampuan tenaga pengajar akan berdampak positif terhadap peserta didik diberbagai jenjang pendidikan," kata politisi asal Aceh itu di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan peningkatan kemampuan dan kualitas tenaga pengajar dan kepala sekolah, salah satunya dapat dilakukan melalui pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Menurut dia, berbagai prestasi yang telah diraih oleh siswa di provinsi ujung paling barat Indonesia itu juga patut diberi apresiasi.

"Memang banyak prestasi yang telah diraih dan untuk meningkatkan prestasi itu Pemerintah Aceh perlu meningkatkan kemampuan dan pembinaan guru secara berkelanjutan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Ia menambahkan peningkatan prestasi peserta didik juga akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan yang dimiliki setiap guru di provinsi berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa itu.

Pihaknya akan mendukung berbagai program yang dicanagkan Pemerintah Aceh dalam meningkatkan pendidikan di provinsi itu.

Ia optimistis siswa/siswi di Provinsi Aceh akan mampu bersaing dengan peserta didik di luar Aceh dalam setiap kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015