Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menggelar seminar implementasi UU Desa bersama jaringan masyarakat sipil yang dihadiri sekitar 120 LSM lokal di Nekamese, Kab Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Kita mengajak masyarakat sipil untuk bersama-sama dengan pemerintah untuk mempersiapkan kepala desa dan aparatnya untuk mengelola perencanaan sampai implementasi dana desa itu," kata Fary kepada ANTARA News, Jakarta, Jumat.

Dalam seminar itu, ia meminta kepala desa untuk mempersiapkan pendamping-pendamping di desa untuk sosialisasi dan pendamping itu dari masyarakat setempat. Teman-teman masyarakat sipil ini siap mendampingi dan siap memberikan pembekalan kepada pendamping. Juga dibahas mengenai rencana persiapan Presiden Jokowi untuk meluncurkan dana desa," kata Sekretaris Fraksi Partai Gerindra itu.

Sedangkan respon yang didapat dari seminar tersebut sangat positif dari kepala desa dan juga LSM tersebut.

"Bahkan kepala desa yang hadir itu menyatakan kesiapannya untuk menjalankan program tersebut. Mereka bilang jangan dianggap kita tidak siap karena mereka punya pengalaman. Jangan sampai pemerintah daerah dan pusat beranggapan bahwa nantinya dana desa itu tidak sampai ke masyarakat," kata Fary.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015