Pangkalpinang (ANTARA News) - Jumlah peserta kontes batu akik di Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), merupakan kontes tingkat provinsi terbesar di Indonesia, kata Ketua panitia kontes batu akik Kota Pangkalpinang, Sukma Wijaya.

"Saat ini, jumlah peserta kontes batu akik khas Bangka Belitung mencapai 932 peserta dibanding peserta kontes batu akik di provinsi lainnya," kata Sukma Wijaya usai pembukaan kontes batu akik khas Babel di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, kontes batu akik ini untuk mempromosikan berbagai jenis batu akik dan batu mulia khas Bangka Belitung ke tingkat nasional dan internasional.

Sebanyak 932 peserta batu akik diikuti perajin dan pecinta berbagai jenis batu akik di antaranya peserta batu akik jenis ginyang air medium 53 peserta, ginyang air luxs 61 peserta, ginyang teh medium 54 peserta.

Selanjutnya, peserta batu akik jenis ginyang teh luxs 54 peserta, ginyang bensin 62 peserta, ginyang karang 116 peserta, bacan 63 peserta, pandan 32 peserta satam 126 peserta, metaljes 62 peserta, ginyang bensin goes green 62 peserta dan batu akik unik serta antik 213 peserta.

"Jumlah peserta kontes ini masih di bawah pelaksanaan pameran batu akik tingkat nasional di Mangga Dua Jakarta beberapa bulan lalu dengan jumlah peserta 1.210 peserta," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan kontes batu akik kali ini juga diikuti peserta dari provinsi lainnya seperti peserta dari Jakarta, Depok, Bekasi, Palembang, Bengkulu dan Jambi.

"Kami berkeinginan peserta dari luar daerah ini mengetahui keunggulan dan kualitas batu khas Bangka Belitung," ujarnya.

Menurut dia, selama ini batu akik khas Babel ini sudah lama dikenal di tingkat nasional, namun belum booming karena masih kurangnya promosi dari pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan kontes ini, batu akik khas daerah ini semakin "booming" dan dikenal masyarakat nasional dan internasional," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2015