Cianjur (ANTARA News) - Satuan Lalulintas Polres Cianjur, Jabar, tambah jumlah personil, guna mengantisipasi terjadinya antrian panjang di jalur Puncak-Cianjur, selama libur panjang akhir pekan kali ini.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Didin, di Cianjur, mengatakan penempatan personil selama sepanjang akhir pekan akhir ini difokuskan di sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang jalur Puncak sampai Cipanas.

"Meskipun peningkatan arus lalu lintas belum mengalami peningkatan yang cukup tajam, namun kami telah menyiagakan puluhan anggota lalu lintas di titik-titik rawan tersebut," katanya.

Ia menjelaskan puluhan petugas tersebut nantinya akan mengatur arus lalu lintas jika terlihat kepadatan di sepanjang jalur tersebut.

Sedangkan untuk rekayasa arus dilakukan jika terjadi antrian dari kedua arah baik dari Puncak menuju Cipanas atau sebaliknya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Polres Bogor.

"Sifatnya situasional jika terjadi antrian panjang kendaraan kita akan berkoordinasi dengan Polres Bogor guna melakukan sistem buka tutup satu arah," katanya.

Sementara hingga sore menjelang arus lalu lintas di sepanjang jalur Puncak hingga Cipanas, terlihat padat dengan laju kendaraan tersendat disejumlah titik rawan kemacetan seperti pertigaan Hanjawar, pertigaan Kebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan jalan raya Pasekon.

Meskipun volume kendaraan mengalami peningkatan namun tidak terlihat antrian kendaraan hingga berhenti total. Faktor kemacetan tersebut disebabkan keluar masuknya kendaraan pendatang dari sejumlah hotel dan rumah makan yang banyak terdapat di sepanjang jalur Cipanas-Puncak.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015