Padang (ANTARA News) - Sebanyak 24 mahasiswa Sumatera Barat yang menuntut ilmu di Yaman tiba di Padang pada Sabtu malam dengan disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dari Jakarta mereka mendarat pukul 23.00 WIB di BIM disambut keluarga dan kerabat dengan keharuan dan rasa syukur.

"Alhamdulillah kami selamat, bisa berjumpa kembali dengan orang tua," ucap salah seorang mahasiswa Asyam Hafizh.

Ia menceritakan, sebanyak 26 mahasiswa asal Sumbar yang menuntut ilmu di Yaman berhasil kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Perjalanan menuju Indonesia menggunakan kapal laut dari Kota Aden, Yaman menuju Djibouti, Afrika karena jalur udara tidak aman, kata dia.

"Bahkan ketika tiba di pelabuhan saat hendak naik kapal kondisi cukup menegangkan, ada peluru nyasar," ucap dia yang merupakan mahasiswa Universitas Al Baihani Yaman.

Menurut dia saat ini aktivitas perkuliahan diliburkan dan pihak kampus meminta mahasiswa asing kembali ke masing-masing negara sampai situasi kondusif.

"Setelah, perang usai dan situasi aman, kami akan kembali menyelesaikan studi di Yaman," ujar dia.

Sementara, salah seorang orang tua yang anaknya kuliah di Yaman, Edi Asman Karim tak kuasa menahan haru karena anaknya kembali dengan selamat.

"Alhamdulillah, permata hati kami kembali dengan selamat,kami hanya bisa berdoa akhirnya anak kami tiba di Padang" ujar dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, serta Pemprov Sumbar yang selama ini telah ikut peduli memfasilitasi mahasiswa Sumbar yang ada di Yaman agar dapat kembali dengan selamat.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta semua mahasiswa Sumbar yang kuliah di Yaman untuk sementara tetap berada di Indonesia sampai situasi di sana pulih.

Ia berpesan, selama di Sumbar bantu masyarakat dengan berbagi ilmu karena mereka adalah calon ulama yang selama ini telah mengenyam pendidikan agama dengan baik.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015