Banjarbaru (ANTARA News) - Sebanyak 3.684 siswa sekolah menengah pertama dan sederajat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mengikuti ujian nasional yang akan dilaksanakan 4-7 Mei 2015.

"Seluruh siswa SMP dan sederajat peserta UN sudah siap ikut ujian," ujar Kabid Pendidikan Dinas Pendididikan Kota Banjarbaru, Edy Yuana Pribadi di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, jumlah peserta UN itu terdiri dari 2.458 siswa sekolah menengah pertama negeri dan 1.226 siswa madrasah tsanawiyah termasuk SMP yang berstatus swasta.

Disebutkan, ribuan calon peserta UN tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat sudah siap mengikuti UN karena telah menjalani uji coba atau "try out" ujian sebanyak dua kali.

Uji coba dengan materi kisi-kisi soal UN yang pertama digelar oleh Dinas Pendidikan Kalsel dan kedua adalah uji coba UN yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

"Hasil uji coba UN sebanyak dua kali cukup bagus sehingga kami optimistis hasil ujian sebenarnya yang akan diraih seluruh peserta ujian juga bagus," katanya.

Menurut dia, selain uji coba yang dilaksanakan dua kali, setiap sekolah juga menambah jam pelajaran bagi siswa sebagai persiapan mengikuti UN yang dilaksanakan empat hari.

"Penambahan jam pelajaran yang diberikan sekolah disesuaikan dengan kemampuan dan siswa mendapat pengayaan berupa bahan berkaitan dengan materi ujian," ucapnya.

Dikatakan, UN tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena tidak menjadi penentu bagi kelulusan siswa karena kelulusan diserahkan kepada sekolah masing-masing.

"Hasil UN memang bukan menjadi penentu kelulusan siswa di sekolah, tetapi nilai yang diraih akan digunakan untuk mencapai standar nilai pada jenjang lebih tinggi," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap seluruh siswa belajar dan mengikuti ujian secara sungguh-sungguh agar hasilnya bagus dan memenuhi standar nilai ke jenjang lebih tinggi.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015