Leverkusen, Jerman (ANTARA News) - Bayer Leverkusen berhasil meraih kemenangan penting kala melakoni pekan ke-31 Bundesliga dengan mengalahkan tim jawara Bayern Muenchen 2-0 di BayArena, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan tersebut didapatkan melalui gol yang dicetak Hakan Calhanoglu pada menit 55 dan pemain yang masuk menggantikannya, Julian Brandt, pada menit 81.

Berkat kemenangan tersebut, Leverkusen kini memiliki 58 poin dan naik ke peringkat tiga klasemen sementara menggusur Borussia Moenchengladbach (57).

Akan tetapi posisi anak asuhan Roger Schmidt itu belum aman, pasalnya Gladbach baru akan melakoni pekan ke-31 mereka pada Minggu malam WIB menghadapi Hertha Berlin.

Keberhasilan Leverkusen membekuk tim yang telah berstatus sebagai jawara Bundesliga, boleh jadi dipengaruhi keputusan Josep Guardiola mengistirahatkan banyak pemain utamanya demi mempersiapkan diri menghadapi semi final Liga Champions.

Bukan hanya itu, meski kalah dalam urusan penguasaan bola 43 persen berbanding 57 persen, tuan rumah jauh lebih agresif dalam upaya mereka membangun serangan.

Tercatat Leverkusen melepaskan sedikitnya 20 kali percobaan tembakan yang delapan di antaranya tepat sasaran, sementara Muenchen hanya melakukan sembilan percobaan dengan lima di antaranya menemui sasaran.

Nyatanya, meski mengobarkan akurasi, agresivitas Leverkusen di hadapan gawang membuahkan hasil.

Setelah menutup babak pertama dengan kedudukan imbang tanpa gol, Leverkusen terus berusaha keluar menekan tim tamu, hingga mereka memperoleh sebuah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti setelah kaos Stefan Kiessling ditarik oleh Javi Martinez.

Calhanoglu, yang dikenal sebagai spesialis bola mati Leverkusen, segera mengambil alih dan melepaskan tendangan terarah ke area tiang jauh yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Manuel Neuer sekaligus membawa Leverkusen unggul 1-0 pada menit 55.

Calhanoglu kemudian ditarik keluar pada menit 75 digantikan Brandt, yang hanya membutuhkan enam menit demi memperlihatkan kontribusinya.

Brandt berlari dari area sayap kanan menerima umpan Karim Bellarabi, meninggalkan pemain bertahan Dante, sebelum melepaskan tendangan keras ke arah tiang dekat yang gagal diantisipasi cepat oleh Neuer.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Bernd Leno (PG); Roberto Hilbert, Tin Jedvaj, Oemer Toprak, Wendell; Stefan Reinartz, Simon Rolfes; Karim Bellarabi (Vladlen Yurchenko), Hakan Calhanoglu (Julian Brandt), Son Heung-Min; Stefan Kiessling (Josip Drmic)
Pelatih: Roger Schmidt

Bayern Muenchen (3-4-2-1): Manuel Neuer (PG); Rafinha, Javi Martinez (Medhi Benatia), Dante; Mitchell Weiser, Philipp Lahm (Thiago Alcantara), Gianluca Gaudino, Rico Strieder; Bastian Scweinsteiger, Mario Goetze; Claudio Pizarro (Lukas Goertler)
Pelatih: Josep Guardiola

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015