Jakarta (ANTARA News) - Mitsui Indonesia berminat untuk berinvestasi dalam bidang gasifikasi batu bara cokelat untuk meningkatkan nilai tambah komoditas tambang itu.

"Mereka menyampaikan minat tersebut, kami juga tertarik. Mengubah batu bara menjadi gas merupakan terobosan yang bisa membantu industri, di tengah harga energi nasional yang sedang tinggi," kata Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta, Rabu.

Harjanto mengatakan, Mitsui memiliki teknologi yang sudah terbukti untuk membuat batu bara yang kalorinya rendah menjadi kalori tinggi, yang hasilnya bisa menjadi bahan baku industri di dalam negeri.

Terutama, lanjut Harjanto, gas yang dihasilkan oleh batu bara tersebut bisa membantu industri pupuk Indonesia sehingga bisa mendukung target meningkatkan ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah.

"Hal ini baik untuk industri pupuk, yang pada akhirnya bisa mendukung ketahanan pangan yang terdapat di Nawacita, selain juga sebagai ketahanan energi," ujar Harjanto.

Harjanto menambahkan, perusahaan yang terafiliasi dengan Jepang tersebut akan mempresentasikan rencana investasi dan bisnisnya tersebut kepada Kemenperin.

Diketahui. Presiden Direktur & CEO PT Mitsui Indonesia Yukio Takebe menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin di kantor Kemenperin pada Selasa.

Pada pertemuan tersebut, pihak Mitsui menyampaikan perkembangan lini bisnisnya yang ada di Indonesia.

Selain itu, mereka juga menyampaikan ketertarikannya untuk berinvestasi di beberapa bidang industri di Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015