Newcastle, Irlandia Utara (ANTARA News) - Soren Kjeldsen mengakhiri paceklik gelar selama enam tahun melalui kemenangan playoff lubang tambahan pertama di Irlandia Terbuka dan sekaligus menjadikannya sebagai pegolf Denmark ketiga yang memenangi turnamen itu sebagai gelar karir keempatnya pada Minggu waktu setempat.

Pegolf berusia 40 tahun Kjeldsen, memasuki permainan putaran atau hari terakhir di padang golf Royal County Down dengan keunggulan dua pukulan, namun skor yang dikumpulkannya memburuk ketika dia sering membuat pukulan bogey.

Kjeldsen sempat tertinggal setelah dia terkena double bogey pada permainan lubang kedelapan sebelum dia kembali bangkit dan menyamakan skor dengan pegolf Inggris Eddie Pepperell dan Bernd Wiesberger dari Austria dengan catatan dua di bawah par, yang memaksa ketiganya harus melanjutkan persaingan lewat babak playoff.

Kjeldsen mampu memenangi pertarungan playoff itu setelah dia mencetak birdie dari jarak empat kaki, dimana kedua pesaingnya gagal birdie.

"Saya memutuskan untuk tidak melihat papan skor hari ini tapi setelah saya sekali gagal melakukan pukulan awal dengan baik maka saya mulai melihatnya dan itu memberi saya sedikit ketenangan karena ternyata saya tidak berjuang sendirian di sana," katanya.

"Secara keseluruhan ini merupakan hari pertarungan brutal dan saya musti melakukan pukulan ke kiri-kanan dan tengah, dan selanjutnya saya bermain bagus dengan wood no 3 di playoff," katanya.

"Kemudian melihat bola jatuh merupakan satu moment terbaik dalam karir saya," tambahnya.

Dengan kemenangan itu Kjeldsen mendapat bonus berhak bermain di Kejuraan Terbuka di St Andrews pada Juli.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015