Jakarta (ANTARA News) - TNI AL melaksanakan penandatangan Piagam Kesepakatan Bersama (PKB) dengan tiga bank pemerintah, yakni PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Bank Mandiri. 

Ketiga bank plat merah itu menjadi mitra TNI AL dalam layanan dan jasa perbankan untuk pengelolaan dana APBN di lingkungan TNI AL.

Penandatanganan PKB diwakili Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, dengan Direktur Utama Bank Negara Indonesia, Achmad Baiquni, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Asmawi Syam, dan Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Penandatanganan PKB ini, seturut keterangan Dinas Penerangan TNI AL, di Jakarta, Senin, merupakan langkah penting sekaligus perpanjangan kerja sama yang sudah berjalan dengan cukup erat. 

PKB sebelumnya sudah berakhir pada 24 Mei 2015, sehingga diperlukan perpanjangan piagam kesepakatan kerja sama yang baru.

Supandi dalam sambutannya, menyatakan, manfaat dari kerja sama ini tidak hanya dirasakan TNI AL maupun pihak perbankan namun juga masyarakat.

Salah satunya adalah pelaksanaan kerja sama di bidang pengadaan kapal pintar, yang digunakan untuk program perpustakaan bergerak dengan kelengkapan buku-buku pengetahuan serta alat peraga.

Juga pengadaan kapal ambulans untuk membantu meningkatkan kesehatan penduduk di daerah terpencil dan pedalaman.

"Seperti halnya kita ketahui bersama, Bank BNI, Bank BRI, serta Bank Mandiri merupakan bank umum milik pemerintah, yang menjalankan usaha perbankan dengan menyediakan layanan dan jasa perbankan bagi nasabah-nasabahnya," katanya.

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015