Lubuklinggau, Sumatera Selatan (ANTARA News) - Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, mengimbau kepada seluruh pedagang agar tidak menaikkan harga gas tiga kilogram maupun 12 kilogram memasuki bulan Ramadhan 2015.

"Kalau stok dan pasokan dari Pertamina akan lancar bahkan akan ada esktra droping selama bulan puasa hingga lebaran," kata Ketua Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kota Lubuklinggau, Winasta Ayu Duri, Minggu.

Ia mengatakan masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan persediaan gas tiga kilogram maupun ukuran 12 kilogram, selama bulan puasa karena pasokan dan stok dari Pertaminan cukup untuk kebutuhan masyarakat setempat.

Untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) gas tiga kilogram pada tingkat pangkalan saat ini Rp14.800 per tabung dan gas ukuran 12 kilogram tercatat sebesar Rp145.500 per tabung.

Bila pedagang tingkat pangkalan menjual harga gas di atas harga HET akan dikenakan sanki dari Hiswana Migas, tapi kalau harga tingkat pegecer itu adalah tanggung jawab pemerintah daerah setempat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag), jelasnya.

Untuk pasokan tingkat agen Liquified Petroleum Gas (LPG) tiga kilogram selama bulan Ramadhan dijamin lancar dan cukup karena akan disuplai dari Pertamina berdasarkan alokasi masing-masing.

Pewarta: Zulkifli Lubis
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015