Sidoarjo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyelenggarakan mudik lebaran gratis dengan tujuan antarkota dalam provinsi (AKDP) pada Lebaran 2015.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Joko Santoso, Senin, mengatakan beberapa kota tujuan yang akan dituju pada program mudik tahun ini di antaranya adalah Sidoarjo-Madiun, Sidoarjo-Jember dan Sidoarjo-Banyuwangi.

"Saat ini kami masih melakukan koordinasi terkait dengan program mudik ini supaya pelaksanannya bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Saat ini, pihaknya masih menunggu bus tambahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mudik pada tahun ini.

"Kalau saat ini masih terdapat belasan bus yang akan digunakan mudik ini. Mungkin dalam pelaksanaannya nanti akan ada tambahan bus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk program ini," katanya.

Untuk saat ini, bus mudik tersebut dikhususkan kepada penumpang tanpa kendaraan sepeda motor.

"Namun kalau memungkinkan, kami akan menyediakan truk supaya sepeda motor pemudik tersebut bisa sekalian diangkut menuju ke kota tujuan," katanya.

Ia berharap dengan adanya program ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan lebaran di kampung halaman masing-masing, mengingat di Kabupaten Sidoarjo banyak yang menjadi masyarakat pendatang.

"Semoga program mudik lebaran ini menambah ketenangan dan memperkecil angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015