Winnipeg, Kanada (ANTARA News) - Tuan rumah Kanada dan Tiongkok memastikan tiket ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2015 kendati pada pertandingan terakhir fase grup hari ini ditahan seri lawan-lawannya di Grup A.

Kanada ditahan seri 1-1 oleh Belanda di Montreal setelah gol dini Ashley Lawrence disamakan Kirsten Van De Ven tiga menit sebelum bubaran.

Sedangkan Tiongkok ditahan seri 2-2 oleh Selandia Baru berkat dua gol Wang Li-si dan Wang Shan-shan, sedangkan dua gol Selandia Baru dilesakkan Rebekah Stott dan Hannah Wilkinson.

Kanada memuncaki Grup A dengan lima poin dan akan menghadapi penempat ketiga terbaik Grup C, D, atau E di Vancouver Senin pagi WIB pekan depan.

Tiongkok menguntit pada posisi dua dengan mengemas empat poin yang sama dengan Belanda, namun menang selisih satu gol.

Sebagai peringkat kedua Grup A, Tiongkok akan menghadapi runner up Grup C --Jepang, Swiss atau Kamerun-- di Edmonton Minggu pagi WIB pekan ini.

Belanda masih berpeluang maju sebagai salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik, namun Selandia Baru jelas tidak bisa karena hanya mengemas dua poin untuk menempati posisi buncit, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015