Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membeli lahan di Cilangkap, Jakarta Timur, untuk membangun taman makam pahlawan (TMP).

"Karena lahan makam di TMP Kalibata semakin sempit dan terbatas, jadi akan diusahakan membeli lahan di daerah Cilangkap, dekat Mabes TNI," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika ziarah di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Menurut dia, lahan makam yang tersisa di TMP Kalibata hanya sekitar 350 unit sehingga diperkirakan terisi penuh beberapa tahun lagi.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, dalam satu bulan, ada tiga pahlawan yang meninggal dunia, kemudian dimakamkan di sini. Berarti, tidak sampai sepuluh tahun TMP ini bisa penuh," ujar Basuki.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membebaskan lahan hingga 30 hektare di Cilangkap untuk dijadikan taman makam pahlawan.

"Selain membebaskan lahan 30 hektare, kita juga akan sekaligus memperlebar akses jalannya, mulai dari keluar pintu tol Cilangkap hingga ke lokasi TMP tersebut nantinya," tutur Basuki.

Dia mengungkapkan hingga kini dia belum mengetahui kisaran harga lahan di Cilangkap karena masih menunggu hasil penghitungan penaksir harga.

"Setelah harganya diketahui, segera kita akan bayar, dan memulai pembangunan TMP Cilangkap," ungkap Basuki.


Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2015