Praha (ANTARA News) - Tim nasional U-21 Denmark berhasil memperoleh kemenangan saat melakoni laga pembuka Piala Eropa kelompok umur di bawah 21 tahun  Turnamen Piala Eropa kelompok umur di bawah 21 tahun (U-21) resmi bergulir dengan laga pembuka yang berujung pada kemenangan Denmark 2-1 atas tuan rumah Republik Ceko.

Kemenangan Denmark pada laga yang berlangsung di Eden Arena, Praha, Republik Ceko, Senin dini hari WIB, diperoleh berkat gol dari pemain belakang Jannik Vestergaard pada menit 56 dan penyerang pengganti Pione Sisto menit 84.

Dua gol tersebut sukses membalikkan keadaan untuk Denmark, setelah mereka lebih dulu tertinggal dari tuan rumah akibat gol bek kanan Ceko Pavel Kaderabek pada menit 35.

Berkat kemenangan itu, untuk sementara Denmark memimpin Grup A dengan raihan tiga poin, sedangkan tim unggulan Jerman baru akan melakoni laga melawan Serbia selepas pertandingan di Eden Aren rampung.

Tim asuhan Jess Thorup sukses mengkapitulasikan penguasaan 59 persen bola sepanjang laga menjadi kemenangan, namun harus merelakan gawang mereka menjadi sarang gol pertama turnamen saat tendangan jarak jauh Kaderabek pada menit 35 gagal diantisipasi penjaga gawang  Jakob Busk Jensen.

Namun, perlahan tapi pasti Denmark merangsek dan memperoleh hasil dari dominasi mereka, saat tandukan Vestergaard menemui bola umpan silang yang dilepaskan Jonas Knudsen pada menit 56.

Gol tersebut seolah menjadi salah satu buah dari keunggulan Denmark atas Ceko dalam urusan membongkar barisan pertahanan lawan, yang terlihat dari catatan statistik Opta bahwa dari 12 kali percobaan tembakan tim tamu melakukan lima di antaranya dari dalam kotak penalti, sedangkan tuan rumah dengan jumlah percobaan yang sama hanya tiga di antaranya yang mereka lakukan di area kotak penalti.

Selepas menyamakan kedudukan, Thorup memutuskan untuk menarik keluar penyerang Ajax yang disanjung-sanjung sebagai calon bintang baru Denmark, Viktor Fischer, dan menurunkan Sisto pada menit 57.

Keputusan itu berbuah manis enam menit jelang waktu normal usai, saat akhirnya Sisto berhasil memanfaatkan situasi sepak pojok untuk menceploskan bola ke gawang yang dikawal Tomas Koubek, sekaligus memastikan kemenangan Denmark atas Ceko 2-1.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Republik Ceko U-21 (4-3-3): Tomas Koubek (PG); Pavel Kaderabek, Jakub Brabec, Jan Baranek (Adam Janos), Matej Hybs; Tomas Prikryl (Michal Travnik), Ondrej Petrak, Jaromir Zmhal; Martin Frydek, Jan Kliment, Ladislav Krejci (Jiri Skalak) Pelatih: Jakub Dovalil

Denmark U-21 (4-3-3): Jakob Busk Jensen (PG); Alexander Scholtz, Frederik Sorensen (Lasse Vigen Christensen), Jannik Vestergaard, Jonas Knudsen; Andreas Christensen, Nikolaj Thomsen, Pierre-Emile Hojberg; Yussuf Poulsen, Viktor Fischer (Pione Sisto), Rasmus Falk Jensen (Emil Berggreen)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015