Malang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku nyaman naik kereta api, meski kelas ekonomi dengan tiket seharga Rp12 ribu untuk jurusan Malang-Surabaya menggunakan KA Penataran.

"Memangnya salah kalau saya naik KA ekonomi. Sekarang KA ekonomi kan juga nyaman dan ber-AC, bahkan saya sudah membeli tiket untuk KA tujuan Surabaya," kata Jonan ketika menunggu kedatangan KA Penataran yang akan membawanya ke Surabaya bersama rombongan di Stasiun Kotabaru Malang, Jawa Timur, Kamis.

Sambil menunggu kedatangan KA Penataran yang berangkat dari Blitar tersebut, Menhub bersama rombongan meninjau berbagai sisi dan fasilitas umum yang tersedia di area Stasiun Kotabaru. KA Penataran yang ditumpangi Menhub berangkat dari Stasiun Kotabaru menuju Surabaya sekitar pukul 17.05 WIB.

Usai meresmikan terminal keberangkatan di Bandara Abdulrachman Saleh, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memutuskan untuk naik KA dari Stasiun Kota Malang menuju Surabaya.

Sementara itu ketika memaparkan prediksi arus mudik dan balik Lebaran 2015, Menhub menyatakan ada penurunan pemudik yang menggunakan jasa transportasi darat, khususnya bus. Penumpang bus diperkirakan turun hingga 5,97 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan moda transportasi lain, seperti penyeberangan naik 3,58 persen, kereta api naik 8,54 persen, transportasi laut 3,00 persen, dan udara 1,96 persen. "Masyarakat kini lebih cenderung menggunakan mobil pribadi ketimbang sarana umum, ini yang perlu kita perhatikan," ujarnya.

Ia mengaku khawatir dengan banyaknya warga yang menggunakan kendaraan pribadi tersebut bisa berdampak naiknya angka kecelakaan. Dia mengimbau jajarannya, terutama dinas perhubungan agar membuat posko penyelenggaraan Lebaran terpadu selama 26 hari.

"Pada H-15 sampai H+9 saya imbau petugas siaga, jangan ada liburan. Kita bantu pengamanan Lebaran," katanya.

Meski, pengguna moda transportasi darat diprediksi menurun, Kemenhub tetap menyediakan armada, bahkan memprioritaskan penumpang lewat darat. Untuk bus disiapkan 44.871 armada, penyeberangan 187 kapal ro-ro, laut 1.264 kapal, udara 450 pesawat dan KA siap operasi (SO) 1.637 unit.

Sementara itu Kepala Stasiun Kota Malang Sukardono mengatakan rombongan Menhub sudah memesan 25 tiket KA Penataran jurusan Malang-Surabaya. Rombongan Menteri memesan tiket sejak Rabu (24/6/2015) sore. Harga tiket kereta Penataran Rp12.000.

"Mesan tiketnya mendadak, baru Rabu sore. Soalnya, informasi awal beliau akan naik mobil, ternyata berubah naik kereta. Menhub nantinya juga duduk dan membaur dengan penumpang lainnya, sehingga tidak ada perlakuan khusus," kata Sukardono.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015