AsiaNet 61062

TOKYO, 2 Juli (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Japan Airport Terminal Co., Ltd. yang berbasis di Tokyo dan CYBERDYNE Inc. yang berbasis di Kota Tsukuba, Prefektur Ibaraki, pada 2 Juli mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman terkait kerja sama bisnis yang memperkenalkan robot-robot masa depan di gedung terminal penumpang Bandara Haneda.

1. Latar Belakang
Jepang menghadapi tantangan berat seperti kurangnya jumlah penduduk anak-anak, populasi yang terus menua dan penurunan jumlah penduduk usia kerja sementara permintaan atas layanan udara dari dan menuju bandara yang berpusat di wilayah metropolitan Tokyo terus meningkat. Atas dasar latar belakang ini, Japan Airport Terminal telah mempertimbangkan untuk memperkenalkan teknologi canggih di gedung terminal penumpang.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 2004 sebagai perusahaan rintisan di bidang teknologi yang berbasis di Universitas Tsukuba, CYBERDYNE telah menerapkan teknologi "cybernics"-nya untuk mengembangkan exoskeleton bertenaga "HAL" dan, baru-baru ini, mulai mempraktekkan penggunaan teknologi ini dan mengkomersialisasikan produk-produk yang berasaskan teknologi ini, termasuk sejumlah robot pendukung pekerjaan.

Nota kesepahaman ini ditandatangani untuk berbagai macam tujuan, termasuk mengkomunikasikan teknologi Jepang kepada seluruh dunia melalui Bandara Haneda, menyediakan layanan berkualitas tinggi yang aman dan nyaman kepada seluruh pengunjung bandara, serta menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman bagi para pekerja bandara.

Dimulai dengan penandatangan nota kesepahaman, kedua perusahaan ini akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menciptakan visi masa depan, yang pertama dari jenisnya yang ada di dunia, guna memanfaatkan penggunaan teknologi robot di bandara dan menjadikan Bandara Haneda sebagai bandara yang semakin menarik lagi.

2. Garis Besar Nota Kesepahaman
(1) Sejumlah robot yang dikembangkan dan diproduksi oleh CYBERDYNE akan diperkenalkan di terminal-terminal penumpang yang dikelola dan dioperasikan oleh Japan Airport Terminal.

(2) Japan Airport Terminal akan menyediakan kegiatan promosi penjualan dan layanan pemeliharaan di Bandara Haneda bagi robot-robot CYBERDYNE.

(3) Wawasan dan pengalaman Japan Airport Terminal dalam mengelola bisnis bandara dipadu dengan teknologi cybernics CYBERDYNE akan menciptakan model bandara masa depan yang memanfaatkan penggunaan teknologi robot secara luas.

Sumber : Japan Airport Terminal Co., Ltd.,
         CYBERDYNE Inc.

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2015