Yangon (ANTARA News) - Presiden Myanmar, Thein Sein, memutuskan untuk tidak maju dalam pemilihan parlemen yang dijadwalkan pada 8 November, kata seorang pejabat senior dengan menyebutkan alasan kesehatan.

"Presiden menulis surat kepada U Shwe Mann, ketua partai berkuasa USDP, bahwa ia tidak akan ikut dalam pemilu mendatang karena kondisi kesehatannya," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu kepada Reuters, Senin.

Mantan komandan militer itu terpilih masuk parlemen pada 2010. Dari sana, ia dinominasikan sebagai satu dari tiga wakil presiden dan kemudian, presiden.

Shwe Mann, ketua partai politik berkuasa Myanmar, Partai Pembangunan dan Uni Solidaritas (USDP), melakukan pertemuan empat mata dengan pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi setelah menerima surat Thein Sein itu pada Senin siang, kata sumber, tanpa menyebutkan rincian mengenai isu yang mereka bicarakan.

Suu Kyi mengatakan, Sabtu, Partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang dipimpinnya akan berpartisipasi dalam pemilu, dan mengakhiri ketidakpastian selama berbulan-bulan.

Pemilu tersebut akan menjadi pemilu sah pertama Myanmar dalam 25 tahun.
(Uu.S022)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2015