Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan peran Presiden dalam memastikan pembangunan berjalan di segala bidang lebih penting dibandingkan wacana perombakan anggota kabinet.

"Reshuffle kabinet mungkin perlu, tetapi peran orang nomor satu, peranan Presiden, itu yang paling penting," kata Hary Tanoesoedibjo dalam dialog kebangsaan di Jakarta, Rabu.

Menurut Hary, berkaitan dengan melambatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia yang dipersoalkan belakangan memang tidak lepas dari kerja para menteri pembantu presiden.

Meskipun demikian dia menilai Presiden juga berperan memberikan arahan bagi para menterinya.

"Reshuffle perlu jika menteri tidak bisa bekerja sama dengan baik. Tapi peran pimpinan sangat penting untuk memberikan arahan, evaluasi, kerja tim yang solid," jelasnya.

Hary mencontohkan, seorang pimpinan dalam sebuah perusahaan yang memiliki ratusan manajer harus mampu memastikan manajernya bekerja dengan baik sesuai visi dan misi perusahaan.

Hal serupa menurut dia, berlaku juga dalam level kabinet pemerintahan.

Sebelumnya wacana perombakan anggota Kabinet Kerja mencuat ditengah perlambatan perekonomian nasional belakangan ini. Menteri yang cukup mendapat sorotan untuk dirombak adalah bidang ekonomi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015