Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah yang dirayakan pada hari ini akan cerah berawan.

"Cuaca Jabodetabek di pagi hari umumnya cerah berawan," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya saat dihubungi Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan prakiraan cuaca Jabodetabek antara siang dan sore hari umumnya cerah berawan. Sementara pada malam hari, prakiraan cuacanya berawan.

Ia mengatakan masyarakat dapat menjalankan segala aktivitas untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri 1436 H tanpa khawatir hujan.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 Masehi jatuh pada Jumat (17/7) berdasarkan laporan dari tim perukyat di empat titik pengamatan hilal (bulan).

"Dari sejumlah tim di seluruh Indonesia ada empat tim perukyat di empat titik, melaporkan hilal terlihat sehingga pada malam ini kita memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah atau besok sudah Sholat Idul Fitri," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Jakarta, Kamis malam.

Berdasarkan situs resmi BMKG http://www.bmkg.go.id, sejumlah wilayah lainnya diperkirakan akan mengalami hujan ringan, yakni Medan, Pekan Baru, Batam, Palembang, Pangkal Pinang, Kendari, Ambon, Sorong, dan Manokwari.

Selanjutnya, daerah dengan prakiraan cuaca berawan adalah Banda Aceh, Jambi, Bengkulu, Bandar Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Manado, Gorontalo, Palu, Makasar, Majene, Ternate, Denpasar dan Serang.

Daerah dengan prakiraan cuaca cerah berawan adalah Padang, Samarinda, Banjarmasin, Jayapura, Biak, Merauke, Kupang, Sumbawa Besar, Mataram, Bandung, Semarang dan Surabaya. Sementara Yogyakarta diperkirakan cerah.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015