Timika (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan rumah toko (ruko) yang terbakar pada Jumat (17/7) di Distrik Karubaga Kabupaten Tolikara Provinsi Papua akan direlokasi.

"Mereka akan direlokasi ke kantor bupati lama. Dalam master plan pemkab Tolikara itu akan jadi sentra perdagangan," kata Mensos di Timika, Selasa.

Mensos melihat langsung kantor bupati lama yang direncanakan menjadi lokasi relokasi. Menurut Mensos lokasi tersebut lebih memadai.

Kantor bupati lama terletak di atas lokasi permukiman dan bisnis masyarakat. Bangunan juga masih cukup baik hanya di beberapa bagian lantai keramiknya sudah pecah.

Untuk menjamin keamanan mereka yang akan direlokasi dan berusaha di situ, pemkab juga sudah menyiapkan pos pengamanan yang akan dijaga oleh polisi.

"Pemkab juga menjanjikan pemilik kios yang lama yang mengalami musibah juga akan mendapat kios baru," tambah dia.

Mensos mengatakan,  ruko yang terbakar bukan hanya milik warga muslim tapi juga ada yang merupakan milik warga asli Papua, warga Toraja dan warga Jawa.

"Jadi sebetulnya yang terbakar bukan hanya milik warga tertentu, tapi karena lokasinya berdekatan maka api dengan cepat merembet dan membakar ruko-ruko yang terbuat dari kayu, tidak sampai dua jam api sudah menghanguskan bangunan," katanya. Ruko-ruko tersebut berada di tanah sewa.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015