Palembang (ANTARA News) - Delegasi Olimpyc Council of Asia (OCA) atau Badan Olimpiade Asia (OCA) mengunjungi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 untuk melihat kesiapan penyelenggaraan pesta olahraga internasional tersebut.

Tim OCA yang dipimpin Tzunekazu Takeda sebagai Ketua Komisi Koordinasi itu antara lain mengunjungi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, lapangan tembak, wisma atlet dan kolam renang.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo usai meninjauan fasilitas olahraga di Jakabaring Palembang, Senin mengatakan, Sumsel memang sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games.

Berdasarkan paparan dan meninjuan sekarang ini memang fasilitas cukup bagus dan bila ada kekurangan itu bisa dibenahi, ujar dia.

Apalagi daerah ini sudah berpengalaman menjadi tuan rumah berbagai kegiatan olahraga internasional sehingga itu tidak perlu diragukan lagi.

Namun, lanjut dia, hasil dari peninjauan tersebut akan dirapatkan kembali di Jakarta sehingga kesemuanya belum final terutama cabang olahragan yang dipertandingkan.

Ketua rombongan OCA mengatakan, pihaknya merasa puas berkunjung ke Sumsel sebagai tuan rumah Asian games.

Stadiun utamanya cukup bagus apalagi tempat pertandingan sepak bola tersebut akan ditambah menjadi 60 ribu tempat duduk, kata dia.

Begitu juga fasilitas lainnya sudah cukup bagus sehingga Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah.

Sebelum melakukan peninjauan delegasi OCA mendapat paparan dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tentang fasilitas yang ada termasuk kesiapan menjadi tuan rumah.

Tim OCA juga melakukan kunjungan ke Palembang ICON dan melihat fasilitas pertandingan bola basket di daerah itu.

Sebagaimana Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan yang menjadi tempat penyelenggara pertandingan bersama Jakarta dan Sumsel.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015