Jakarta (ANTARA News) - Galeri Indonesia Kaya dan Grand Indonesia bekerja sama dengan Rio Wibowo, fotografer yang dikenal dengan sebutan Rio Motret mempersembahkan pameran foto bertajuk "Alkisah".

Pameran foto itu akan berlangsung di Atrium East Mall Grand Indonesia mulai dari 10 Agustus hingga 23 Agustus mendatang.

"Delapan bulan proses pengerjaan, ini adalah kolaborasi dan persembahan kami dalam rangka 70 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin.

Renita menjelaskan bahwa pameran foto tersebut didukung oleh 65 selebritis, 15 desainer dan 10 fashion stylist make up artis, dengan total pekerja seni yang terlibat sebanyak 100 orang.

"Ini berawal dari keperhatinan kami, saat ini karena perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, anak-anak lebih familiar dengan gadget," ujar dia.

"Kami ingin menunjukkan bahwa cerita dongeng Indonesia kalah dengan Disney," sambung dia.

Rio mengaku bahwa pameran foto tersebut merupakan mimpinya dua tahun silam. Dalam pemotretan tersebut Rio berhasil menggandeng sejumlah selebritas ternama dengan tanpa mengajukan angka.

"Kami mengangkat kembali cerita rakyat Indonesia yang dikemas dalam pemotretan modern dimana unsur daerah digabungkan dengan unsur kekinian," kata dia.

"Ini adalah kontribusi kami sebagai anak bangsa yang peduli kepada kebudayaan Indonesia," tambah dia.

Sejumlah artis yang terlibat diantaranya Wulan Guritno dan Sandra Dewi dalam cerita Bawang Merah Bawang Putih, pasangan Marsha Timoty dan Vino G Bastian dalam cerita Lutung Kasarung, serta Julia Perez dalam cerita Nyi Roro Kidul.

Proses pemotretan berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli 2015 tersebut menampilkan 17 cerita rakyat antara lain Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jaka Tarub dan 7 Bidadaei dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta.

Selain itu, Bawang Merah Bawang Putih dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan Roro Mendut dari Jawa Timur.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015