Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik menilai pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di hadapan Sidang MPR/DPR RI menegaskan kembali komitmennya untuk mewujudkan Nawacita.

"Saya pikir pidato Presiden Jokowi sangat bagus, menunjukkan komitmen kerja yang kuat untuk mewujudkan sembilan target pembangunan nasional (Nawacita)," kata Traavik di depan Ruang Rapat Paripurna I Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat.

Traavik juga memuji Presiden yang menegaskan pengurangan subsidi yang tidak tepat sasaran, seperti subsidi BBM, untuk dialokasikan pada pembangunan infrastruktur.

"Saya menangkap kesan komitmen kuat tentang pengurangan subsidi dan peningkatan infrastruktur," kata dia.

Traavik juga menangkap komitmen Presiden Jokowi dalam membangun infrastruktur dan mengelola sumber daya alam kelautan.

"Beliau berbicara banyak tentang laut, sesuatu yang Norwegia juga ingin tingkatkan melalui kerja sama dengan Indonesia," kata dia.

Terkait kerja sama maritim tersebut, Traavik mengatakan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti akan mengunjungi Norwegia pekan depan (18/8).

"Menteri Susi akan mengunjungi Norwegia untuk membahas kerja sama Maritim, salah satunya upaya praktis untuk memberantas penangkapan ikan ilegal," kata dia.

Traavik menambahkan Norwegia akan mendukung upaya pemerintah RI memitigasi perubahan iklim, termasuk konservasi laut, hutan dan peningkatan peran masyarakat adat dalam menjaga kelestarian alam.

"Kami sangat ingin berkolaborasi dengan Indonesia terkait hal-hal tersebut," kata dia.



Pewarta: A. Fitriyanti
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015