Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, yakin harga daging sapi dalam satu pekan ke depan akan turun hingga ke harga normal karena stok di lapangan terpantau cukup.

"Kami sudah cek ke Kementerian Perdagangan dengan tim kami, sama-sama turun ke lapangan. Harga di kandang stabil dan stoknya cukup. Mungkin ini satu minggu ke depan bisa turun normal. Sekarang kan sudah mulai turun," kata dia, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Ia memperkirakan kenaikan harga daging sapi di pasaran dalam beberapa waktu terakhir salah satu faktornya karena saat Lebaran banyak pekerja di peternakan yang libur, sehingga jadwal pengambilan bibit mundur.

Dengan mulai kembalinya pekerja dari libur Lebaran maka siklus akan kembali normal, sehingga dia perkirakan bisa mulai stabil.

"Salah satu faktornya karena saat Lebaran, mereka pada pulang, pekerja-pekerjanya pulang kan. Nah sehingga mundur mengambil bibit, mengambil bibit di kandang masing-masing. Jadi perkiraannya ke depan bisa stabil," ucapnya.

Derdasarkan pengecekan di lapangan itu, pihaknya mendapatkan adanya stok 221.000 sapi.

Ia memperkirakan saat ini jumlah sapi yang ada sekitar 160.000 sapi yang diproyeksikan cukup untuk empat bulan dengan hitungan 40.000 sapi setiap bulan dijagal.

Pewarta: Hanni Soepardi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015