Amsterdam (ANTARA News) - Pendakian Islandia ke ambang lolos untuk pertama kalinya ke turnamen besar semakin dekat, kata pelatih Timnas Islandia Heimir Hallgrimsson sehari sebelum pertandingan untuk menentukan ambisi itu tercapai esok.

Satu kemenangan lagi pada tiga pertandingan terakhir Grup A akan memastikan negeri ini mendapatkan satu tempat pada Euro 2016 di Prancis.

"Beberapa orang boleh saja menganggap kami agak naif namun itu (lolos pertama kali ke turnamen besar) selalu menjadi sasaran kami dan membidik meloloskan Islandia.

"Di masa lalu mungkin tampak aneh mengira kami datang dan mengalahkan kekuatan utama sepak bola seperti Belanda," kata Hallgrimsson setelah timnnya mengalahkan Belanda 1-0 Kamis lalu.

"Tetapi akan begitu mendekati playoff melawan Kroasia membuat para pemain yakin kami bisa mencapainya," kata dia menunjuk pertandingan playoff menuju putaran Piala Dunia 2014 ketika Kroasia akhirnya mengalahkan mereka 2-0 dalam agregat setelah dua leg pertandingan.

Kemenangan Islandia di Amsterdam membuat mereka dua kali mengalahkan Belanda dan membuat Islandia dua poin di atas Republik Ceko pada puncak klasemen Grup A.

Jika menang di kandang esok Minggu melawan Kazakhstan yang kalah enam kali dari tujuh pertandingan kualifikasinya akan membuat Islandia meraih 21 poin dan memastikan mereka mendapat tiket ke Prancis tahun depan.

"Mari berharap kami bisa melakukannya. Kami memang belum ke sana tetapi ada di posisi yang sangat baik di grup ini."

Islandia masih harus menghadapi peringkat dua dari bawah Latvia sebagai tuan rumah Oktober mendatang, dan akan menuntaskan laga kualifikasinya dengan bertandang ke Turki.

Koran-koran Islandia ramai-ramai mendorong para pendukung timnas untuk memesan tiket untuk putaran final Euro 2016 tahun mendatang.

Di Amsterdam Kamis lalu, 3.000 pendukung timnas, sekitar satu pertiga penduduk negara di Atlantik utara itu, mengeluelukan para pemain mereka yang mencatat kemenangan, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015