Toronto (ANTARA News) - Nikaragua menang 3-2 di markas posisi kedua Piala Emas Jamaika pada Jumat (Sabtu WIB), untuk membuka putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF.

"Hari ini kami mencuri telur-telur burung elang," kata pelatih Nikaragua yang berasal dari Kosta Rika Henry Duarte setelah timnya meletakkan diri pada posisi yang kuat untuk melaju ketika kedua tim bertemu kembali di leg kedua di Managua pada Selasa.

Nikaragua, yang memenangi keempat pertandingan pada dua putaran pembukaan kualifikasi, unggul 3-0 melalui eksekusi penalti kapten Manuel Rosas pada menit kelima, gol Carlos Chavaria tiga menit kemudian, dan gol Luis Galeani pada menit ke-48.

Anak-anak Reggae, yang mencapai final Piala Emas CONCACAF pada Juli di mana mereka kalah dari Meksiko, berupaya bangkit pada 22 menit terakhir melalui gol-gol Darren Mattock (menit ke-68) dan Adrian Mariappa (menit ke-78) namun itu tidak cukup.

"Saya yakin pada pemain akan melakukan pekerjaan bagus," kata Duarte seperti dikutip surat kabar Nikaragua El Nuevo Diario (www.elnuevodiario.co.ni).

"Itu merupakan pertandingan dengan irama yang sangat intens dan pada hari ini Nikaragua mampu melakukannya," ucapnya.

Masalah kebugaran yang dimiliki para pemainnya membuat Jamaika, yang mencapai putaran final Piala Dunia 1998 di Prancis, untuk mampu membalas, ucapnya.

"Masalahnya bukan taktik namun pengkondisian. Jika kami memiliki level (kebugaran) yang lebih baik, kami semestinya akan memenangi pertandingan ini dengan empat atau lima (gol), namun ketika para pemain memiliki kaki-kaki yang bugar mereka memainkan sepak bola yang bagus dan membuat Jamaika terlihat bermain buruk."

Total sebanyak 12 tim bertanding pada enam pertandingan, berisi rangkaian dua leg, untuk menentukan tim-tim yang akan bergabung dengan enam tim unggulan pada fase selanjutnya.

Kanada, yang baru sekali lolos ke putaran final pada Piala Dunia 1986, menang 3-0 atas Belize di mana Tosaint Ricketts mencetak gol pada kedua babak dan Atiba Hutchinson menambahi gol pada fase akhir pertandingan.

Haiti juga meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah Grenada. Jean Eudes Maurice, Mechack Jerome, dan Duckens Nazon masing-masing menyumbang gol untuk Haiti, sedangkan Anthony Straker mencetak gol dari eksekusi penalti untuk Grenada.

Pada pertandingan lain, penalti Myles Weston pada menit ke-72 membuat Antigua anda Barbuda menang 1-0 atas Guatemala, sedangkan gol Larin pada menit ke-12 menjadi gol semata wayang saat El Salvador menang 1-0 atas Curacao.

Saint Vincent menang 2-0 atas Aruba, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015