Padang Aro, Sumatera Barat (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyebutkan, kabut asap kiriman yang melingkupi kawasan itu makin tebal.

"Terlebih untuk hari ini, kabut asap kiriman lebih tebal dibanding sebelumnya. Jika dilihat dari arah angin, kemungkinan kabut asap ini berasal dari Jambi dan Riau," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan, Rusdi Harmen, di Padang Aro, Senin.

Untuk itu, imbuhnya, pihaknya akan mengajukan bantuan masker ke provinsi karena BPBD setempat tidak memiliki persediaan. "Rencananya besok, Selasa (8/9), kami akan mengirim surat permintaan bantuan masker," katanya.

Meskipun kabut asap kian tebal, sebutnya, namun belum menganggu aktivitas masyarakat. "Sebagian masyarakat memang telah menggunakan masker jika keluar rumah," katanya.

Warga setempat, Esti, menyebutkan, kondisi kabut asap yang semakin tebal ini telah membuat napas terasa sesak. "Saya berharap pemerintah setempat segera membagikan masker kepada masyarakat, khususnya kepada pelajar," katanya.

Pewarta: Agung Pambudi dan Joko Nugrohoudi dan Joko Nugroho
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015