Jakarta (ANTARA News) - Bagi Anda yang hendak membeli kebutuhan barang-barang elektronik, bersiap-siaplah untuk mengalami kenaikan harga dalam waktu dekat ini.

Herdiana Anita Pisceria, General Manager Divisi Product Planning PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) mengatakan, selama pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tahun 2015 ini saja, produk SHARP sudah mengalami penyesuaian harga hingga tiga kali.

"Sampai Agustus sudah tiga kali penyesuaian harga. Bulan depan kita rencana naik lagi, tapi kenaikannya cuma sedikit kok, tiga hingga empat persen saja," kata Herdiana di Jakarta, Rabu.

Herdiana menambahkan penyesuaian paling besar dilakukan atas produk-produk segmen high-end yang komponennya kebanyakan impor, penyesuaian harga bisa lebih dari lima persen.

Meski demikian, Herdiana mengaku penjualan produk-produk SHARP belum mengalami penurunan tajam di pasar elektronik.

"Untuk kuantitas sih cenderung stagnan, tapi tidak anjlok. Tapi untuk value naik terus, kan harga naik juga. Yang paling mengalami penjualan stagnan untuk barang-barang yang kecil-kecil misalnya audio, pokoknya barang-barang kebutuhan sekunder dan tersier. Kalau major product untungnya masih bagus," kata Herdiana.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015