Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR Mukhammad Misbakhun mengapresiasi Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang terpilih menjadi Ketua Development Committee Bank Dunia.

"Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Bambang Brodjonegroro sebagai Ketua Development Committee
Bank Dunia," katanya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Rabu.

Ketua Development Committee Bank Dunia sebelumnya adalah Marek Belka yang merupakan Gubernur Bank Sentral Polandia.

Menurut Misbakhun, dengan posisi Bambang di Bank Dunia menjadi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi kebijakan pembangunan Indonesia agar menjadi model pembangunan di negara-negara lain.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Bambang telah berhasil menyusun APBN Perubahan 2015 dalam waktu singkat melalui komunikasi politik dengan DPR yang baik, sehingga terbuka ruang fiskal yang memberikan keleluasaan kepada pemerintah melakukan belanja modal yang besar.

"Jika mencermati langkah Bambang Brodjonegoro yang berani pasang badan untuk menyampaikan program-progran ekonomi pemerintahan

Presiden Joko Widodo, maka beliau layak menduduki jabatan Ketua Development Committee Bank Dunia," kata Misbakhun.

Bambang Brodjonegoro terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Development Committee Bank Dunia dalam sidang di Washington, Amerika Serikat, pekan lalu.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia di Bank Dunia Ronald Silaban, Bambang Brodjonegoro akan menjalani tugasnya sebagai Ketua Development Committee Bank Dunia pada 2016.

Ronald menjelaskan, terpilihnya Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebagai Ketua Development Committee Bank Dunia sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, agar Indonesia mengambil peran aktif dalam mereformasi arsitektur keuangan global.

"Posisi Ketua Development Committee Bank Dunia dinilai sangat strategis dalam menentukan warna kebijakan Bank Dunia di negara-negara anggotanya," kata Ronald Silaban

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015