Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan kebijakan sektor energi yang dihasilkan melalui deregulasi maupun perencanaan regulasi baru ditujukan untuk menstimulasi ekonomi nasional.

"Sebagaimana diketahui, kemarin Presiden menyampaikan penjelasan mengenai sejumlah kebijakan untuk mendorong kegiatan ekonomi, salah satunya adalah kebijakan di sektor ESDM," katanya dalam konferensi pers di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Kamis.

Ia menuturkan peraturan-peraturan yang kemudian dihadirkan Kementerian ESDM dan seluruh jajarannya akan fokus pada lima upaya yang bakal menstimulasi sektor ekonomi.

Kelima arahan paket regulasi tersebut antara lain adalah mendorong pertumbuhan ekonomi, menjamin kepastian hukum, memudahkan investasi, menggerakkan sektor riil, dan memperkuat industri riil, paparnya.

Sebelumnya, terdapat delapan Peraturan Menteri (Permen) yang telah diterbitkan guna mendukung investasi dan ekonomi dalam negeri.

Tujuh peraturan menteri itu mencakup sektor minyak, gas bumi, dan tenaga listrik, serta tiga di antaranya terkait Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sementara kini, katanya, terdapat sebanyak sepuluh kebijakan bidang energi yang akan difokuskan kementerian selama September dan Oktober 2015.

Pada sepuluh regulasi tersebut, delapan di antaranya merupakan gabungan dari tujuh Peraturan Presiden dan satu Peraturan Pemerintah yang akan direvisi.

Sementara itu, satu kebijakan mengalami deregulasi, dan satu Peraturan Menteri direncanakan menjadi regulasi baru yang akan segera diterbitkan.

"Tujuh perpres yang akan direvisi itu sebenernya sudah final, pada saat ini tinggal tunggu persetujuan dari Presiden saja, selanjutnya ke depan kita harapkan semua kebijakan yang disusun itu selesai pada bulan Oktober tahun ini," ujar Sudirman.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015