Jakarta (ANTARA News) - Rentetan masalah kesehatan bisa muncul akibat paparan kabut asap, salah satunya iritasi kornea, kata spesialis mata dari Ciputra SMG Eye Clinic, dr. Yudisianil E. Kamal, SpM(K).

"Keluhan yang muncul biasanya gangguan saluran nafas dan mata. Pada mata keluhannya seperti iritasi. Asap mengandung partikel, yang bila terpapar ke mata ditakutkan menimbulkan infeksi yang mengenai kornea," ujar dia di Jakarta, Jumat.

Menurut Yudi, tak perlu waktu lama, infeksi ini bisa saja terjadi hanya beberapa saat ketika terpapar asap, bahkan pada kasus paling parah, bisa menyebabkan cacat penglihatan.

"Infeksi ditakutkan mengenai kornea. Apalagi kalau sudah masuk ke kedalaman tertentu, bisa menyebabkan kecacatan penglihatan. Ada kemungkinan penglihatannya terganggu," kata dia.

Untuk mencegah paparan asap langsung mengenai mata, orang di kawasan terpapar asap menggunakan kacamata khusus seperti kerap digunakan untuk renang dan hendak keluar rumah.

Namun, jika partikel asap terlanjur masuk mata, bagaimana? "Bilas mata dengan air mengalir. Hati-hati bila menggunakan obat," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015