Jember (ANTARA News) - Petugas Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menemukan cacing hati dalam hewan kurban saat penyembelihan sapi kurban di beberapa lokasi.

"Petugas menemukan cacing pita di dalam hati hewan yang disembelih di tujuh lokasi yang berada di kawasan kota," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Disperikel Jember, Elok Kristanti, Kamis.

Menurut dia, pihaknya melakukan inspeksi mendadak di 11 lokasi di antaranya Masjid Jamik Al-Baitul Amin, Masjid Nurussholihin Kaliwates, dan Masjid Baitussallam di Jalan Letjen Panjaitan Sumbersari.

"Dari 11 tempat yang dikunjungi, sebanyak tujuh lokasi ditemukan cacing pita di dalam hati hewan yang disembelih baik sapi maupun kambing," tuturnya.

Terkait dengan temuan di lapangan tersebut, ia meminta pihak panitia penyembelihan hewan kurban memusnahkan hati yang megandung cacing hati dan tidak membagikan hati itu kepada masyarakat.

"Hati hewan kurban yang terkena cacing hati harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar atau dikubur ke dalam tanah," katanya.

Elok mengimbau hati hewan kurban yang terkena cacing itu tidak ikut dibagikan kepada masyarakat karena dikhawatirkan menularkan penyakit kepada manusia.

"Apabila dibagikan dan ikut terkonsumsi, maka cacing hati itu bisa menular ke manusia dan menimbulkan sejumlah penyakit salah satunya diare," ujarnya.

Untuk tindakan pengawasan selanjutnya, kata dia,pihak Disperikel Jember menyerahkan kepada petugas di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di masing-masing wilayah.

"Mudah-mudahan jumlah hewan kurban yang terkena cacing hati tidak bertambah karena hati hewan kurban yang terkena cacing hati yang sudah parah akan berbahaya bagi kesehatan," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015