Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq menyatakan, dia bersama  rombongan pengawas haji DPR RI semalam melakukan peninjauan ke lokasi terjadinya tragedi Mina.




Rombongan berada di lokasi kejadian mulai  pukul 20.00-02.15 waktu setempat untuk mengecek lokasi, berdialog dengan beberapa saksi bahkan yang hampir jadi korban dan mendengar pendapat beberapa kepala rombongan negara lain yang jadi korban seperti Iran, Turki, dan Mesir.




"Kami apresiasi kinerja Kemenag dan Kemenlu yang melakukan investigasi ke rumah sakit. Tapi masih banyak laporan kami dapatkan bahwa sebenarnya masih banyak korban yang tidak diangkut ke rumah sakit. Ada yang langsung ke tenda oleh kerabatnya. Dan ada kemungkinan diangkut entah ke mana oleh petugas Arab Saudi,” kata Maman dalam rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Jumat.




Tim Pengawas Haji DPR RI itu juga meminta Menteri Agama selaku Amir Hajj agar memerintahkan semua petugas mulai ketua regu, ketua rombongan, ketua kloter dan seterusnya melakukan pengecekan pada anggota masing-masing.




“Dan dibuat pelaporan resmi berapa jamaah yang wafat dan jadi korban tragedi Mina tersebut,” kata Maman.



Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015