Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), akan menutup jalan yang akan dilintasi para pebalap Tour de Singkarak (TdS) pada Jumat (9/10) mulai pukul 11. 00 WIB sampai pukul 18.00 WIB yaitu di jalur Simpang Ampek-TinggamTalu Kecamatan Talamau.

"Benar, jalan atau rute yang akan ditempuh para pebalap akan kita tutup sesuai waktu yang telah disepakati dengan pihak keamanan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat Armen di Simpang Ampek, Kamis.

Kemudian jalan sepanjang Simpang Ampek sampai Batang Timah Kinali juga akan ditutup pada Sabtu (10/10) sejak pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Pasaman Barat pada TdS 2015 merupakan jalur tempuh etape 7 dan 8 pada Jumat (9/10) dan Sabtu (10/10).

Untuk etape 7 Pasaman Barat mendapatkan jatah finis dengan start dari Bonjol Kabupaten Pasaman-Lubuk Sikaping-Panti-Talu dan finis di Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat. "Panjang rute etape 7 dari Bonjol sampai Simpang Ampek mencapai 121,1 kilometer," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk etape 7 tersebut maka mulai dari Tinggam Kecamatan Talamau sampai Simpang Ampek Kecamatan Pasaman jalan akan ditutup dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Setelah itu para pebalap dari 36 negara dengan 26 tim itu akan menginap semalam di sembilan penginapan yang telah disediakan Pemkab Pasaman Barat.

Kemudian pada Sabtu (10/10) etape 8 para pebalap akan memulai start dari bundaran Simpang Ampek menuju Puncak Lawang Kabupaten Agam dengan panjang rute mencapai 138,8 kilometer. Untuk itu Pemkab Pasaman Barat akan mulai menutup jalan mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dari bundaran Simpang Ampek sampai Batang Timah Kecamatan Kinali.

Ia menjelaskan untuk penutupan jalan hari Jumat (9/10) mobil truk baik yang membawa kelapa sawit maupun yang lainnya dan mobil angkutan umum tidak diperbolehkan melewati jalan sesuai jadwal yang ditentukan.

"Bagi mobil pribadi atau kendaraan pribadi tetap bisa melalui jalan yang ditutup hingga pukul 13.00 WIB untuk menjalankan shalat Jumat. Sebab, pebalap baru start dari Bonjol sekitar pukul 14.00 WIB," katanya.

Ia berharap adanya penutupan jalan itu bisa dipahami masyarakat dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Tour de Singkarak.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2015